Ulasan

Kerang Garang 51: Kerangnya Kota Hujan

Mei 27, 2016

Kerang Garang 51

Doyan kerang? Tinggal di Bogor dan sekitarnya? Malas jauh-jauh ke Kramat Jati atau tempat pelelangan ikan? 

Kerang Garang 51, warung tenda yang baru saja grand launcing Sabtu, 21 Mei lalu, mencoba menjawab kebutuhan warga Bogor dan sekitarnya dalam urusan kerang-mengerang.

Menu utamanya tentu saja berbagai jenis kerang dengan beragam saus variatifnya. Dari mulai kerang hijau yang begitu familiar, kerang bambu yang jadi favorit si pecinta seafood, kerang madu yang bercangkang besar, kerang tahu yang sama sekali gak ada hubungannya dengan tahu, kerang macan sampai yang motif cangkangnya mirip seragam trio macan, sampai kerang simping pun ada. Semua menggugah selera .

Ada dua pilihan penyajian, yaitu kerang rebus yang kemudian ditumis dengan saos sesuai selera, dankerang kuah yang rasa kuahnya pun beragam. Ada beberapa pilihan porsi untuk masing-masing jenis kerang, yaitu porsi setengah kilogram dan satu kilogram untuk kerang rebus dan porsi seperempat kilogram untuk kerang kuah. Kerang Garang 51 ingin memanjakan pecinta kerang  dengan pengalaman  bereksplorasi terhadap 14 jenis saos.

Pengalaman kali pertama saya kesana tentu tak cukup untuk bereksplorasi terhadap berbagai jenis kerang dan saosnya itu, maka pilihan saya jatuh kepada kerang madu saos asam manis. Rasanya? Meski tidak berlimpah ruah saos, namun penyajian dengan jumlah saos yang tak mubazir justru membuat saya semakin penasaran untuk membuat saos tsb tak bersisa. Cita rasa asam dan manis berpadu kuat, membungkus kulit kerang dan daging kerang yang tingkat kematangannya pun pas. Tidak terlalu lembek karena kematangan, pun tidak terlalu alot karena belum terlalu matang.
Kerang Madu Saus Asam Manis Porsi 1/2 Kg
Seperti biasa, saya selalu penasaran untuk bertanya asal muasal dipilihnya nama. Kenapa namanya Kerang Garang 51? Angka 51 dipilih karena warung tenda ini milik 5 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Tak ada arti yang begitu filosofis dari kata Kerang yang dipadankan dengan Garang, alasannya supaya pas didengar saja. Namun, apalah arti sebuah nama, jika menu yang disajikan sudah cocok di lidah.

Kerang Garang 51 buka setiap hari Rabu sampai Minggu mulai pukul 19.00 sampai 22.30. Terletak di Jalan Pandu raya Ruko A1 No. 13, Bogor. Cukup strategis, tidak jauh dari Warung Jambu dan tol Bogor Ring Road.

Harga yang ditawarkan untuk porsi kerang berkisar antara 25.000-90.000, ada tambahan 5.000-10.000 sebagai ongkos masak dan harga tambahan untuk jenis saus tertentu. Sedangkan untuk minuman harganya berkisar antara 4.000-7.000 saja. Oiya, mau beli mentahnya saja untuk dimakan di rumah juga bisa.

Tambahan lagi, selain memenuhi kebutuhan perut, kerang laut juga mengandung mineral yang sangat dibutuhkan untuk mendongkrak stamina. Jadi, baik sebagai pecinta kerang ataupun sebagai penjelajah kuliner, gak ada ruginya mampir ke Kerang Garang 51. Makan kerang ditemani ricik gerimis kota hujan, romantis juga. Gak bikin kebobolan kantong pulak!

Sebelum mampir boleh juga kepoin media sosialnya dulu di akun Instagram: keranggarang_51.

(baca juga artikel saya tentang pensil dan ide: Ide dan Kreativitas dalam Lintasan Zaman)

Artikel Lainnya

0 komentar