Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak: Ide & Kreativitas dalam Lintasan Zaman

September 06, 2016

Beberapa hari kemarin saya sempat putus hubungan dengan laptop maupun personal komputer. Memang sempat sedikit mati gaya karena tak bisa mengolah segala macam bahan-bahan tulisan menjadi tulisan matang yang siap dicerna. Namun meski di tengah gilasan roda digitalisasi, bukan berarti benar-benar tak ada tempat lagi bagi cara-cara analog. Laptop memang menjadi partner saya dalam 'memasak' ide-ide. Tapi jeda saat tak ada laptop justru merupakan fase memetik ide-ide lalu menuangkannya dalam kerangka tulisan.
Steadler Pensil Terbaik Untuk Anak
sumber ilustrasi: www.pixabay.com

Proses memetik ide sampai kepada kerangka tulisan bukan dilakukan dalam media digital (laptop), melainkan ke dalam media analog. Buku dan pensil. Menulis pun menjadi kegiatan yang benar-benar saya artikan secara harfiah. Meski banyak gawai yang menawarkan aplikasi atau fitur pengganti buku catatan, entah kenapa ide-ide saya justru lebih tumpah ruah jika dituliskan dulu secara manual. Semacam ada kebebasan ruang yang tak bisa digantikan oleh teknologi jenis apapun. Menulis kerangka atau outline tulisan pun lebih leluasa menggunakan media pensil dan buku. Membuat flow proses, sketsa layout, kerangka tulisan atau apapun yang menjadi kecambah sebuah ini masih membutuhkan sentuhan-sentuhan manual. Jadi kegiatan tulis-menulis dengan pensil terbaik memang menjadi hal yang tak bisa dihilangkan, secanggih apapun zaman. Apalagi ketika awal belajar menulis, anak-anak sudah pasti latihan menulis menggunakan pensil. Ada satu yang lekat dalam ingatan saya sewaktu kecil soal pensil yang sudah melintasi zaman.

Steadler Pensil Terbaik Untuk Anak
Pabrik Steadler di Germany
Sekitar pertengahan 90-an mungkin 'Staedtler' menjadi sebutan yang asing bagi saya. Tapi ingatan saya fasih merekam warna merah-hitam maupun biru dari benda yang sering saya gunakan untuk corat-coret tsb. Yap, diusia sekolah saya baru  tau kalau alat tulis yang sering saya gunakan itu bermerk Steadler.
 Lintasan panjang sejarah pensil Staedtler telah dimulai lebih dari 400 tahun lalu. Saat pertama kalinya pensil dibuat oleh, Friederich Staedtler pada tahun 1662. Kemudian labih dari seabad kemudian, pada tahun 1835 generasi ke-3 keluarga Staedtler yaitu J.S. Staedtler membuat pabrik pensil di kota Nuernberg, Jerman. Pabrik pensil tersebut sekaligus merupakan yang pertama di dunia.




Steadler Pensil Terbaik Untuk Anak
Logo Steadler



Pensil Staedtler masuk ke Indonesia lewat PT ABASA yang awalnya merupakan perusahaan penyedia stationery. Bertahannya Staedtler di pasar stationery alat tulis hingga hari ini seakan menjadi bukti atas kualitasnya.

Steadler Pensil Terbaik Untuk Anak
Produk Awal Staedtler
Tak dipungkiri bahwa dari  masa ke masa, Steadler telah yang mendukung daya kreativitas, tak hanya untuk orang dewasa yang membutuhkan perangkat manual untuk menuangkan idenya, tetapi juga untuk kreativitas anak dalam masa emas perkembangannya. Dan rasanya sebagai merk pensil pertama di dunia, dan eksisitensinya hingga hari ini tak berlebihan bila Staedtler dinyatakan sebagai pensil terbaik.



Steadler Pensil Terbaik Untuk Anak
Pensil pertama kali yang dibuat Staedtler adalah Tradition, pada tahun 1635
Steadler Pensil Terbaik Untuk Anak
Staedtler membuat pensil dengan 7 grade tingkat kehitaman
Steadler Pensil Terbaik Untuk Anak
Pensil andalan Staedtler Noris Triangular

Begitu juga dengan produknya alat tulis lainnya, seperti pensil warna yang pertama kali diciptakan di dunia pada tahun 1834. Kemasan khas pensil warna Steadler Luna yang berwarna merah sejak menjadi media saya dalam mengenal warna-warna ketika kecil. Bahkan dari usia TK saya seakan sudah mempercayai bahwa pensil warna Staedtler Luna adalah pensil warna bagus, yang akhirnya membuat saya menabung berhari-hari demi mengoleksi varian pensil warna tsb.
Steadler Pensil Terbaik Untuk Anak
Pensil warna Staedtler Luna Coloured

Steadler Pensil Terbaik Untuk Anak
Pensil warna Staedtler Luna Triangular Watercoloured, tersedia juga varian Triangular Coloured

Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak
Pensil Warna Steadler Coloured

Baca juga artikel terkait tentang Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak - Mengenal Pensil
dan tunggu artikel selanjutnya tentang Pensil Warna Staedtler Luna.

Artikel lainnya:

11 komentar

  1. Saya masih setia sama faber casteel.. LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kan Staedler itu Mbahnya pensil Kak Jak :p

      Hapus
  2. Wah keren, artikel mbak sudah berada di halaman pertama google.co.id .. semoga bertahan! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran dari saya sebaiknya komentar di moderasi dulu, sebab nanti kena spam link dari peserta kontes (mereka akan berkomentar dan menyisipkan link-link)

      Hapus
  3. Dari jaman dulu Staedler emang top markotop kak

    BalasHapus
  4. Hihi... dari jaman kecil sampe sekarang yang paling diinget tentang pensil ya itu tadi... warna biru pensil staedtler lumograph...

    BalasHapus
  5. Nyimak, jadi ke inget masa kecil minta ayah beikan pensil warna

    BalasHapus
  6. Apakah Anda ingin mendapatkan uang tambahan, Mari ikuti kontes seo http://sahabatqqseo3.com sekarang juga dan dapatkan hadiahnya sebesar Rp. 90 juta dan dijamin aman 100%
    untuk pendaftaran anda tidak perlu khawatir, pendaftar gratis
    anda hanya perlu modal blogspot atau wordpress
    untuk kelanjutannya silakan anda buka link http://sahabatqqseo3.com/peraturan

    BalasHapus
  7. Kalo nulisnya enteng, semoga aja anak bisa jadi lebih mudah menulis

    BalasHapus

Subscribe