Ulasan

Nusa Dua dalam Dimensi Religi, Alam, dan Budaya

November 22, 2016

Menjelang penghujung tahun, selain merefleksi pencapaian-pencapaian setahun ke belakang, dalam benak kita biasanya menimbang-nimbang pula tentang rencana liburan akhir tahun. Imajinasi kita saat ini mungkin sedang membayangkan pilihan-pilihan tempat wisata untuk mengistirahatkan pikiran, dan menyegarkan perasaan. Nah, salah satu destinasi wisata Indonesia yang paling ikonik adalah Pulau Bali. Selain keindahan alam, salah satu faktor yang membuat Bali dipenuhi wisatawan lokal dan mancaranegara pada musim apapun, adalah kekayaan budayanya. Jajaran pantai dan desa-desa sambung manyambung membentuk pulau yang dikenal sebagai pulau para dewa. Tak hanya eksotisme keindahan alam saja, tetapi kekayaan budaya yang unik dan terus dipertahankan hingga hari ini pun menjelma bagai magnet yang menarik para wisatawan.


Jika berniat melakukan wisata untuk menelusup ke dalam beberapa dimensi sekaligus, yaiutu dimensi religi, alam, dan budaya, maka Nusa Dua, Bali adalah jawabannya. Memang, tak seramai di Kuta, Nusa Dua menawarkan liburan yang tenang, sehingga pikiran dan.. perasaan  dapat benar-benar diistirahatkan demi menengguk inspirasi-inspirasi dan ide-ide baru. Ayodya Resort Bali menjadi salah satu pilihan akomodasi di Nusa Dua, yang dapat dipesan melalui situs traveloka.

Nusa Dua adalah sebuah enklave yang banyak tedapat resort-resort internasional bintang 5. Terletak 40 km dari Denpasar, Nusa Dua terkenal sebagai kawasan eksklusif. Jika Anda bingung memilih tempat yang pas untuk menikmati keindahan alam dan budaya Bali, berikut tempat menikmati alam dan budaya Bali di Nusa Dua:

Puja Mandala

Hal yang paling ajaib di dunia ini terjadi  ketika kita menemukan orang-orang yang ‘berbeda’ namun berhasil memahami dan menghargai keberagaman yang ada, mampu hidup berdampingan walau berbedaJika selama ini wacana-wacana tentang toleransi hanya kita dengar dalam bentuk teks, maka di Puja Mandala toleransi hadir dalam bentuk yang jauh lebih kongkret. Di Puja Mandala terdapat lima tempat ibadah dari semua agama yang ada di Indonesia, yaitu Masjid Agung Ibnu Batutah, pura Jagat Natha Nusa Dua, gereja Katolik Paroki Maria Bunda Segala Bangsa, vihara Budha Guna, dan gereja protestan GKPB Jemaat Bukit Dua yang seluruhnya berada dalam satu komplek. Seakan menjadi deklarasi paling paripurna terhadap nilai toleransi di Bali. Dijadikan sebagai simbol Bhineka Tunggal Ika, Puja Mandala banyak dikunjungi para wisatawan untuk beribadah atau untuk sekedar menikmati keindahan toleransi yang dibuktikan oleh masyarakat Bali. Keharmonisan dalam keberagaman ternyata bukan sebuah hal yang utopis, ya?

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana




Untuk mengenal budaya Bali dalam episode plesiran, pergi saja ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau GWK. Taman GWK adalah taman budaya yang berisi patung-patung raksasa yang kental dengan nuansa Hindu. berada di dataran tinggi batu kapur, taman GWK menawarkan keindahan panorama alam dan detail pahatan patung yang menawan.

Di taman yang berlokasi di Tanjung Nusa Dua ini, terdapat patung Dewa Wisnu setinggi 12 meter yang sedang  menunggangi Garuda. Walau saat ini masih dalam tahap penyelesaian, patung raksasa ini nantinya akan dijadikan sebagai maskotnya Bali. Selain patung, ditempat ini juga Anda akan disuguhi dengan pertunjukan tarian tradisional Bali, yaitu Kecak tanpa dipungut biaya.

Pantai Geger

Pantai Geger adalah bagian dari pantai Nusa Dua. Letaknya yang agak tersembunyi membuat pantai ini jarang dikunjungi para wisatawan. Jadi, jika ingin menyingkir sejenak dari keramaian yang penuh bingar, pantai Geger adalah pilihan yang paling pas. Pasirnya putihnya halus, ombak pantai yang tenang, dan jarangnya pedagang yang berjualan di sana. Pengalaman lain yang sulit didapat selain di pantai Geger adalah kita bisa menunggangi unta yang ditawarkan pihak hotel dekat pantai Geger. Menelusuri bibir pantai sambil menikmati suasana dan udara hangat pantai sambil menunggangi unta adalah pengalaman yang akan sulit dilupakan, bukan?


Water Blow

Selain pantai, Nusa Dua memiliki wahana wisata air, yaitu Water Blow.  Letaknya di kawasan wisata Nusa Dua, Bali tepatnya dekat dengan pusat perbelanjaan Bali Collection. Anda akan disuguhkan atraksi ombak yang dipecah karang-karang besar.

Lalu apa yang menarik dan Water Blow itu? Letak menariknya adalah ketika buih ombak yang terhempas tinggi keatas akibat ombak besar Samudra Hindia yang langsung menerpa tebing-tebing karang di sana. Disana, kita bisa merasakan sensasi keseruan terkena buih ombak, dengan cukup menunggu ombak besar datang di jalan setapak berpagar yang sengaja dibuat.

Begitu sensasionalnya ketika ombak mengenai wajah dan sekujur tubuh menjadikan parade ombak tersebut amat ditunggu-tunggu. Semakin besar ombak yang menerpa tebing karang, semakin tinggi pula buih ombak yang terhempas. Siapapun akan rela berdiri menunggu ombak datang walau sudah kedinginan karena pakaian yang basah dan angin pinggir pantai yang kuat.


Tempat wisata yang membuat kita dapat menelusup ke dalam tiga dimensi sekaligus -religi, alam, dan dan budaya- mungkin tidak ada lagi selain di Nusa Dua, Bali.

Artikel Lainnya

0 komentar